Pengalaman terbang dengan berbagai maskapai penerbangan khususnya maskapai asing telah memberikan pengalaman dan kesan tentang kenyamanan yang diinginkan penumpang. Terlebih lagi kalo harus terbang dalam waktu lama, misal lima jam atau lebih di udara. Terakhir terbang dengan Garuda ke Incheon Korea Selatan, merupakan pengalaman yang menyenangkan dengan pesawat baru dan pendekatan baru nampaknya Garuda sudah siap bersaing dengan maskapai lain. Namun demikian pengalaman soal pelayanan yang ditemui sepanjang perjalanan baik di udara dan di darat memberikan kesan juga bahwa kita masih bisa memperbaiki kualitas pelayanan demi kenyamanan pelanggan.
Flight attendant atau stewardess memegang peranan yang penting mulai dari penampilan maupun cara melayani. Saat ini pramugari dan pramugara memberi penghormatan kepada penumpang pada saat awal keberangkatan dan ketika akhir perjalanan. Ini hal baru yang positif, yang biasanya ditemui pada penerbangan dengan pesawat JAL. Dalam hal ini sepertinya kita perlu melirik pelayanan maskapai yang berbasis di Asia, seperti SIA, JAL, MAS, China Airlines dan Cathay Pacific. Dalam hal melayani penumpang untuk menaruh barang atau mencarikan tempat barang yang masih kosong, nampaknya SIA bisa ditiru kecekatannya. Pendekatan yang nampak lebih natural manakala berbicara atau menolong penumpang, Cathay sepertinya menawarkan keramahan yang menyenangkan. Ketulusan yang terpancar dari wajah manakala sedang berinteraksi dengan orang atau pelanggan sudah baik, namun masih bisa ditingkatkan.
Makanan terutama kualitas dan kelazatan makanan nampaknya perlu diperbaiki, untuk jalur luar negeri kualitasnya sudah baik mungkin soal rasa perlu ditingkatkan. Soal waktu dan kecukupan nampaknya Garuda sudah OK banget. Pengalaman menggunakan Qatar yang farenya relatif rendah ternyata menyajikan makan yang selain lengkap juga sesuai dengan selera Indonesia menjadi pembanding yang menarik juga. Dalam hal food and beverages, Garuda mampu bersaing, saya yakin banget.
Hiburan seperti film, musik, game dan seterusnya sudah bisa bersaing dengan maskapai penerbangan asing lainnya, apalagi dengan kursi yang lebih nyaman yang bisa diatur menjadikan penerbangan dengan Garuda sebagai sesuatu pengalaman yang menyenangkan. Yang perlu dlengkapkan adalah video mengenai olahraga ringan untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa pegal bagi penerbangan yang berjangka waktu lama.
Ketepatan waktu atau punctuality Garuda sudah cukup baik, tentunya keterlambatan yang lama perlu terus dihindari, karena akan membuat penumpang sewot dan kahirnya tidak nyaman. Informasi leih awal dan transparan mengenai keterlambatan sangat dipujikan.
Bagaimanapun Garuda adalah Garuda kita juga, jadi manakala masih ada kekurangan ya kewajiban kita bersama untuk mengingatkannya, sehingga bisa menjadi maskapai yang membanggakan, jangan justru kita tinggalkan. Terbanglah wahai Garuda ku.......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar